METODE SPIRAL (SDLC)


 
Model Spiral, merupakan model pengembangan system yang digambarkan berupa spiral. Model spiral ini tidak merepresentasikan rangkaian tahapan dengan penelusuran balik (back-tracking), tidak ada fase-fase tahapan yang tetap seperti spesifikasi atau perancangan. Setiap untaian pada pada spiral menunjukkan fase software process.

Proses kerja metode spiral

  • Customer communication. Aktivitas yang dibutuhkan untuk membangun komunikasi yang efektif antara developer dengan user / customer terutama mengenai kebutuhan dari customer.

  • Planning. Aktivitas perencanaan ini dibutuhkan untuk menentukan sumberdaya, perkiraan waktu pengerjaan, dan informasi lainnya yang dibutuhkan untuk pengembangan software.

  • Analysis risk. Aktivitas analisis resiko ini dijalankan untuk menganalisis baik resiko secara teknikal maupun secara manajerial. Tahap inilah yang mungkin tidak ada pada model proses yang juga menggunakan metode iterasi, tetapi hanya dilakukan pada spiral model.

  • Engineering. Aktivitas yang dibutuhkan untuk membangun 1 atau lebih representasi dari aplikasi secara teknikal.

  • Construction & Release. Aktivitas yang dibutuhkan untuk develop software, testing, instalasi dan penyediaan user / costumer support seperti training penggunaan software serta dokumentasi seperti buku manual penggunaan software.

  • Customer evaluation. Aktivitas yang dibutuhkan untuk mendapatkan feedback dari user / customer berdasarkan evaluasi mereka selama representasi software pada tahap engineering maupun pada implementasi selama instalasi software pada tahap construction and release.



Kelebihan Metode Spiral



1.      Dapat digunakan untuk sistem yang besar

2.      Sangat cocok sebagai mekanisme mengurangi resiko

 Kekurangan Metode Spiral


1.      Terlalu banyak memikirkan resiko yang akan terjadi

2.      Masih jarang digunakan

3.      Metode ini lambat dan mahal karena setiap tahapan yang dilalui harus    menikutsertakan pemesan

Sumber: 
http://muhammadherjuno.blogspot.co.id/2013/05/software-development-life-cycle-sdlc.html
https://tonyjustinus.wordpress.com/2007/11/11/spiral-model/


Komentar

Postingan Populer