Critical Review Junal Informatika

Critical review dapat diartikan sebagai evaluasi terhadap suatu buku atau tulisan, yang dibuat oleh orang lain. Dan di bawah ini merupakan contoh dari critical review yang saya buat ketika saya mendapatkan tugas membuat critical review dari satu jurnal.


CRITICAL REVIEW

Judul: Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Baru PT. PLN (Persero) Kantor Pusat Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW).
            Penulis                                     : Yasni Djamain, Herlinda De Christin.
            Program Studi                         : Teknik Informatika
            Konteks                                   : Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu manager mengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur. SPK ini di rancang untuk mendukung seluruh tahap pengambilan keputusan di mulai dari mengidentifikasi masalah, mencocokan data yang di butuhkan, dan menentukan pendekatan yang di gunakan untuk proses pengambilan keputusan tersebut, sampai ke pada bagian pengevaluasian pilihan alternatif. Banyak sekali metode yang dapat di gunakan dalam SPK ini, salah satunya adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) yang digunakan oleh penulis sebagai metode penelitiannya.  
Tujuan                                     : Tujuannya adalah Membangun suatu model pengambilan keputusan dengan mengunakan Multiple Attribute Decision Making (MADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan penerimaan pegawai baru berdasarkan bobot dan kriteria yang sudah ditentukan oleh PT. PLN (Persero).
Pengaturan dan Desain           : Menggunakan bahasa pemrograman PHP.
Penelitian                                : Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap kriteria, dan kemudian membuat proses peringkat yang akan menentuka alternatif yang optimal adalah pelamar terbaik.
Analisis Kebutuhan Sistem     : Kebutuhan informasi pada sebuah sistem pendukung keputusan penerimaan pegawai baru PT. PLN (Persero) yang diusulkan adalah kriteria yang telah disepakati bersama sebagai syarat menjadi pegawai baru secara umum yaitu Administrasi, General Aptitude Test (GAT), Akademis dan Bahasa Inggris, Psikotes dan FGD, Kesehatan, dan juga Wawancara. Ada sepuluh kriteria yang telah ditentukan pada tahap seleksi wawancara, penjabaran bobot setaip kriteria tersebut adalah sebagai berikut: Kedisiplinan (C1), Masa Pengalaman Informal/Formal (C2), Ketaatan dalam Melaksanakan Tugas (C3), Kecakapan (C4), Kepemimpinan (C5), Keterampilan (C6), Hasil Kerja Yang Diperoleh (C7), Moral dan Perilaku (C8), Kerjasama (C9), Kreativitas dan Inovasi (C10).
Hasil                                        : Hasilnya adalah sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh manajer dan divisi HRD, sebagai alternatif keputusan untuk merekrut pegawai baru sesuai dengan kriteria yang diinginkan dan juga sesuai dengan perankingan.
Kesimpulan                             : Metode ini di pilih karena metode ini menentukan nilai bobot dari masing-masing kriteria, sehingga dihasilkanlah para pegawai baru yang berkompeten dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
Kata Kunci                              : Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi, Pegawai.

1.      Deskripsi Jurnal
a.       Tujuan Utama Penelitian
Membangun suatu model pengambilan keputusan dengan mengunakan Multiple Attribute Decision Making (MADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan penerimaan pegawai baru berdasarkan bobot dan kriteria yang sudah ditentukan oleh PT. PLN (Persero). Selain itu tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk mempermudah pihak-pihak yang terkait di dalamnya dan yang utama memudahkan dalam proses input, pengolahan, dan penyimpanan data pelamar untuk proses pengambilan keputusan penerimaan pegawai baru.

b.      Hasil Penelitian
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah program aplikasi perekrutan pegawai baru yang dapat digunakan oleh manajer dan divisi HRD, sebagai alternatif keputusan lain dan bersifat objektif, karena keputusan ini didasari oleh perankingan kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dan dengan aplikasi ini para calon pegawai baru dapat terhindar dari pungutan liar oknum-oknum tidak bertanggung jawab dari adanya proses perekrutan pegawai baru ini.

c.       Kesimpulan Penelitian
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terpilihnya alternatif keputusan pemilihan pegawai baru PT.PLN (Persero), yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, dan juga berdasarkan pada perankingan, dimana calon pegawai yang memiliki peringkat bagus, maka berhak menjadi pegawai baru PT. PLN (Persero).

2.      Telaah Jurnal
a.       Fokus Utama Penelitian
Sistem pendukung keputusan ini dibutuhkan karena sulitnya menentukan pilihan pegawai baru yang objektif berdasarkan kriteria yang telah disepakti. Oleh sebab itu peneliti mencoba membuat aplikasi ini untuk prekrutan pegawai baru pada PT. PLN (Persero), yang diharapkan dapat memberi alternatif lain dalam pengambilan keputusan memilih karyawan baru. Selain itu aplikasi ini juga dibangun berdasarkan kemajuan teknologi yang pesat.

b.      Elemen Yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Suatu Penelitian
1)      Gaya Penulisan
-          Sistematika penulisan terliahat jelas dan juga tersusun dengan rapi, sehingga tingkat kepercayaan terhadap penelitian ini dapat meningkat.
-          Tata Bahasa pada jurnal ini cukup mudah di pahami, walaupun ada beberapa yang agak sulit di pahami oleh pembaca-pembaca jurnal yang awam dengan teknologi.
2)      Penulis
-          Penulis dalam jurnal ini berasal dari jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknik PLN, yaitu: Yasni Djamain, Herlinda De Christin.
-          Menurut penelaah, berdasarkan jurusan dan tempat mereka menimba ilmu, penulis tersebut memiliki kualifikasi yang pas untuk mengadakan penelitian dan pembuatan aplikasi ini terhadap PT. PLN (Persero).

3)      Judul
“Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Baru PT. PLN (Persero) Kantor Pusat Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW).”
-          Judul penelitian cukup jelas, tidak memiliki dualisme makna, dan juga jelas apa yang ingin diteliti oleh penulis.
-          Akan tetapi didalam judul ini unsur 5W+1H belum terpenuhi, dimana ‘When’ yang diartikan sebgai kapan, tidak digambarkan jelas didalam judul tersebut.

4)      Abstrak
Kelebihan:
-          Didalam tulisan abstrak tersebut penulis menggambarkan secara jelas masalah yang terjadi, solusi yang dignakan untuk memecahkan masalah, dan juga tujuan menggunakan solusi tersebut.
-          Mencantumkan kata kunci.
Kekurangan:
-          Jumlah kata dalam abstrak kurang dari 250 kata, karena penulis hanya menuliskan 169 kata dalam penulisan bagian abstrak.

c.       Elemen Yang Mempengaruhi  Kekuatan Suatu Penelitian
1)      Tujuan/Masalah Penelitian
Tujuan dari penelitian adalah Membangun suatu model pengambilan keputusan dengan mengunakan Multiple Attribute Decision Making (MADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan penerimaan pegawai baru berdasarkan bobot dan kriteria yang sudah ditentukan oleh PT. PLN (Persero).

2)      Konsistensi Logis
Laporan penelitian telah mengikuti langkah – langkah yang seharusnya yaitu dimulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak, pendahuluan, landasan teori, metodologi penelitian, perancangan, hasil dan uji coba, kesimpulan.

3)      Theoritical Kerangka
Kerangka penelitian memang tidak terlihat jelas, tetapi pada beberapa bab, digambarkan dengan jelas kerangka pembuatan aplikasi.

4)      Tujuan / Sasaran / Pertanyaan Penelitian / Hipotesis
Tujuan dan sasaran disebutkan jelas, bisa terlihat dari judulnya.

5)      Sample
Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (Persero). Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap kriteria, yang selanjutnya membuat proses peringkat.

6)      Definisi Operasional
Definisi operasional mengenai sistem pendukung keputusan disebutkan secara jelas di jurnal tersebut.

7)      Metodologi
Instrument penelitian berdasarkan analisis sistem berjalan yang digambarkan secara jelas di jurnal tersebut. Juga, berdasarkan analisis kebutuhan sistem, dimana kebutuhan informasi pada SPK untuk penerimaan pegawai baru yang diusulkan adalah kriteria yang dibutuhkan berdasarkan persyaratan penerimaan pegawai baru.

8)      Data Analisi/Hasil
-          Penyajian jurnal berbentuk narasi, dan ada beberpa table dan gambar yang mempermudah pembaca jurnal memahami isi jurnal tersebut.
-          Hasil penelitian : Hasilnya dapat penelaah liat didalam jurnal, berupa gambar aplikasi yang telah di buat oleh penulis, dari tampilan login, tampilan halaman beranda, tampilan halaman bobot parameter, tampilan halaman input data pelamar, tampila data pelamar, tampilan seleksi, tampilan hasil seleksi dan perankinga. Hanya saja ada beberapa tampilan gambar yang terlihat kurang jelas.

9)      Pembahasan Temuan Hasil Penelitian
a.       Kuatnya Hubungan
Kuatnya hubungan antara aplikasi dengan hasil keputusan dapat tergambar jelas.
b.      Analogi
Pada penelitian ini, menunjukan adanya hubungan antara aplikasi dengan si pembuat keputusan.

10)   Referensi
Referensi yang digunakan lebih dari 50 % menggunakan referensi dibawah tahun 2010.
11)   Kesimpulan dan Saran
Kelebihan:
a.       Isi kesimpulan penelitian merupakan jawaban dari masalah yang ditemukan oleh peneliti.
b.      Kesimpulan ringkas dan jelas.

·         Sebagai penutup, meskipun masih ditemukan beberapa kekurangan didalam penulisan jurnal, terutama dalam tampilan gambar, akan tetapi hal ini menjadi sesuatu yang positif bagi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang teknologi itu sendiri. Dan juga menjadi contoh positif bagi kaum muda, untuk terus berinovasi dengan menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang banyak.

Sekian contoh dari critical review, semoga bermanfaat bagi banyak orang. Kritik dan sarannya saya tunggu. Terimakasih



Komentar

Postingan Populer